Pantai Ujung Pandaran

oleh

Pantai Ujung Pandaran merupakan pantai yang berada di kabupaten Kotawaringin Timur. Pantai ini menghadap ke laut Jawa sehingga ombak di pantai ini sangat kecil.

Perjalanan

Dari kota Sampit menuju lokasi pantai, perjalanan menggunakan sepeda motor memakan waktu kurang lebih 3 jam. Di beberapa daerah jalanan masih rusak, jadi pastikan anda dan kendaraan anda dalam kondisi yang prima. Pastikan pula anda membawa kacamata hitam, karena selama perjalanan matahari sangat terik dan dapat mengganggu pengelihatan. Jika ingin beristirahat sejenak, anda dapat menepi di kota Samuda yang berada di jalan antara Sampit dan Ujung Pandaran.

Pemandangan aliran sungai Mentaya di Kota Samuda

Pemandangan aliran sungai Mentaya di Kota Samuda

Perjalanan menuju Ujung Pandaran menggunakan sepeda motor

Perjalanan menuju Ujung Pandaran menggunakan sepeda motor

Pantai

Pantai Ujung Pandaran memiliki pasir lembut berwarna putih kecoklatan. Suasana pantai akan lebih ramai saat liburan dan hari raya Idul Fitri. Pasang dan surut air yang terjadi dapat berbeda-beda tiap bulannya, tanyakan kepada penduduk setempat mengenai hal ini.

Pantai

Pada siang hari pantai ini cukup panas. Anda dapat berteduh di gazebo kecil yang tersebar di Ujung Pandaran atau anda dapat membuat tenda sendiri menggunakan terpal. Pastikan anda sudah membersihkan area yang ingin jadikan tempat beristirahat. Pastikan pula anda menyiapkan kantong plastik yang cukup besar untuk membuang sampah karena anda tidak diperkenankan untuk membuang sampah sembarangan di pantai Ujung Pandaran.

santai sejenak

Anda tidak perlu khawatir akan keperluan air bersih untuk buang air kecil dan mandi. Di pantai ini telah dibangun fasilitas toilet umum. Anda hanya cukup membayar Rp 2000 untuk sekali pemakaian buang air kecil.

Karena merupakan daerah ujung, anda bisa menghadap ke dua sisi pantai yang berbeda. Sisi menghadap ke laut jawa memiliki ombak yang menggulung, sedangkan sisi yang menghadap teluk Sampit tidak berombak dan tenang serta ditumbuhi bakau.

Sebenarnya fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah di daerah wisata ini cukup lengkap, namun sayang terakhir kali saya ke sini fasilitas tersebut tidak terawat. Banyak gazebo yang sudah rusak dan sampah yang berserakan. Ini adalah tugas bagi seluruh pengunjung untuk menjaga dan merawat fasilitas tersebut agar dapat dinikmati di kemudian hari.

Sampah yang berserakan di pantai ujung pandaran

Sampah yang berserakan di pantai ujung pandaran

Pulang

Untuk pulang anda dapat melewati jalur yang sama. Akan lebih baik jika anda berkendara bersama rombongan di saat pulang, hal ini dimaksudkan agar menghindari kejahatan dikarenakan daerah ini memiliki jalan yang cukup sepi di saat malam hari.

 

Ujung pandaran #instaSampit

A photo posted by @igrir on