Menyambut Hari Jadi ke-62 Kota Sampit

oleh

Buhan kami merupakan penggalan kalimat dari bahasa banjar yang artinya kurang lebih kelompok kami. Mengapa kami? Karena kami adalah 4 (empat) orang sahabat yang dipertemukan dan secara kebetulan memiliki pandangan yang sama terhadap masa depan kota dimana kami dibesarkan. Kami merasa bahwa kota ini perlu dikenal dan seluruh orang harus tahu kota ini. Tetapi kami juga merasa bahwa kami harus menonjolkan ciri khas yang dimiliki oleh kota ini kepada orang-orang yang ingin mengunjungi. Hingga akhirnya kami bersama sepakat untuk membuat suatu portal yang kami beri nama kotasampit.com (KDSC). Melalui portal ini kami berharap dapat memberikan informasi yang menarik, mudah dipahami dan actual kepada orang-orang yang ingin mengetahui seluk beluk kota ini. Untuk itu, kami memulai dengan bercerita tentang segala hal yang melekat dengan kota Sampit. Mulai dari tempat-tempat khas di Sampit, kuliner dan berbagai hal lainnya yang memang mencerminkan kota Sampit. Kami berharap melalui informasi yang kami bagikan itu, kita yang melihat, membaca atau mendengarkannya akan merasa rindu dengan kota Sampit dan berharap suatu saat nanti bisa berkunjung kesana atau bahkan tidak mau pergi dari sana.

Selain portal kotasampit.com kami juga memiliki akun twitter @kotasampit dan fanpage https://www.facebook.com/kotasampit. Dengan memanfaatkan teknologi internet tersebut kami berusaha mengenalkan kota Sampit kepada orang-orang. Kami berusaha menggabungkan kombinasi teknologi, kreatifitas dan kebudayaan dalam memperkenalkan kota Sampit kepada khalayak. Sejak diluncurkan April 2012 hingga saat ini kami berusaha menentukan pola terbaik dalam memperkenalkan kota Sampit tersebut. Dalam perkembangannya nanti, kami akan mencoba mengajak orang-orang yang mempunyai niatan yang sama dengan kami untuk bergabung. Sangat diperlukan kontributor lain dalam pengembangan kotasampit.com baik yang akan mendukung kami baik melalui tulisan, foto atau video yang mengulas tentang kota Sampit.

Dalam menyabut hari jadi kota Sampit ke-62, KSDC mencoba memberikan sentuhan dengan berbagai campign menarik yang akan mengingatkan anda saat berada di kota Sampit. Campaign ini kami kemas dalam bentuk design grafis tentang kuliner, tempat dan hal-hal lainnya yang pada umumnya akan mengingatkan kita kepada kota Sampit.  Berikut beberapa design yang telah dibuat oleh kami.

***

Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM)

Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM)

Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang ada di Kota Sampit.  Bentuk pasar yang selesai di bangun pada tahun 2004 ini mirip dengan swalayan namun peruntukkannya tetap dipergunakan untuk pasar tradisional.  PPM sendiri dibangun di dekat Sungai Mentaya dan memiliki kurang lebih 500 an kios serta terdiri dari tiga lantai.

***

Mandau

Mandau

Mandau, alat senjata tradisional dari suku Dayak. Terlepas dari fungsi utamanya, Mandau kini juga populer sebagai souvenir loh.

***

Telabang

Telabang

Telabang, alias tameng, merupakan pasangan dari Mandau. Biasanya Telabang dihiasi dengan ornamen yang kompleks dan sangat indah. Sama seperti Mandau, Telabang berukuran mini juga banyak dijadikan sebagai buah tangan loh.

***

Telur Mata Gajah

Telur Mata Gajah

Telur mata gajah! Jajanan yang bikin kenyang dan banyak protein. Sausnya bisa pakai yang manis atau yang pedas.  Agak susah nyari yang jual dari amang-amang yang lewat, lebih mudah cari yang mangkal di Taman Kota.

***

Buras

Buras

Buras. Buka balutan daunnya, tuang saus kacangnya, mmmhhh…. ~(◉⌂◉)~ Hidangan ini bisa jadi teman sarapan pian. Eh. Makan siang gin kada papa.

***

Lakatan

Lakatan

Lakatan. Kalau ada acara spesial biasanya ada makanan yang satu ini. Inti yang manis dipadukan dengan lakatan yang gurih, hhmm… makanan ini jadi satu suguhan selamatan yang spesial.

***

Kelotok

Kelotok

Kelotok. Sarana transportasi sungai yang paling khas suaranya. Transportasi ini juga bisa kamu pakai untuk wisata sungai di Sampit loh.

***

Tajau

Tajau

Tajau. Guci tradisional terbuat dari tanah liat. Di kota Sampit banyak ornamen-ornamen berbentuk tajau seperti ini di sisi-sisi jalan. Biasanya ornamen tersebut diperuntukkan sebagai pot tanaman.  Asal jangan dipakai sebagai tempat sampah aja ya.

***

Batang Garing

Batang Garing

Batang Garing adalah sebuah simbol pohon yang merupakan legenda dari suku Dayak tentang pohon kehidupan. Pohon ini melambangkan hubungan antara dunia atas dan dunia bawah.

***

Amplang

Amplang

Amplang bisa jadi salah satu buah tangan kalau habis jalan-jalan dari Sampit. Cemilan kerupuk ini terbuat dari tepung dicampur dengan ikan. Amplang paling enak dimakan sama soto Banjar.

***

Lontong

Lontong

Lontong di Sampit lucunya berbentuk segitiga. Jadi kalau piringnya kurang lebar lontongnya sampai keluar-keluar, hahaha. Hidangan ini disajikan dengan kuah santan dan taburan bawang goreng. Paling enak dimakan untuk sarapan.

***

Pentol

Pentol

Tetot tetot! Suara amang pentol lewat. Boleh dicelup ke saus manis, pedas, atau kacang. Tusuknya jangan dibuang sembarangan ya.

***

Bundaran KB

Bundaran KB

Yang suka mejeng biasanya tempat ini jadi salah satu area wajib untuk disambangi. Bundaran KB sudah jadi ikon ternama di kota Sampit. Pulangnya jangan malam-malam lah!

***

Sebagai penutup, jangan lupa Hari Rabu tanggal 7 Januari 2015 nanti Sampit akan berusia ke-62 tahun.

  • Dina

    Hai, lagi browsing soal Sampit dan ketemu web yg cute ini! Seneng banget ada yg bisa bikin portal ttg Sampit tapi gak puyeng bacanya, hahaha
    Desainnya rapi, keren, dan imut, two thumbs up for you guys!
    Btw, sdh tau upcoming event di Sampit?
    Katanya.. Ikon Patung Ikan Jelawat Akan Diresmikan 21 Februari 2015, Sekaligus Pemecahan Rekor MURI Makan Ikan Jelawat Terbanyak (sumber: https://twitter.com/SAMPIT)
    Apakah akan terwujud atau dimundurkan (seperti rencana peresmian taman kota yg blm ada kabarnya lagi smp skrg~)

    • Noviaji Joko Priono

      Wah, iya? terima kasih infonya Dina. Kamu bisa menginformasikan event terupdate di Sampit dengan mention ke @kotasampit.

  • http://gendhiss.com/ Ayu Citraningtias

    Halo, salam kenal.
    Saya nemu blog ini pas lagi cari info soal Sampit. I’m going to live in Sampit beberapa bulan lagi. Semoga blog ini nanti bisa jadi pusat informasi bagi saya.

    • Noviaji Joko Priono

      salam kenal Ayu. Terima kasih sudah berkunjung ke kotasampit.com. Wah selamat bersenang-senang di kota Sampit ya. Silahkan follow @kotasampit juga ya. thx