Belauran, Pusat Lalapan Sampit

oleh

Suasana kawasan Belauran sore hari.

Suasana kawasan Belauran sore hari.

Akulturasi

Persentase penduduk keturunan Jawa di Kota Sampit termasuk besar. Faktor penarik kota ini ialah kesempatan kerja dan peluang bisnis yang luas. Kebutuhan perusahaan Kelapa Sawit terhadap Sumber Daya Manusia terus menarik migrasi dari pulau tetangga tersebut. Begitu juga di sektor-sektor lainnya, terutama pertanian.

Jikalau mau ditarik, perpindahan penduduk ini terjadi sudah sangat lama, seperti sejak Kerajaan Majapahit. Kalau mau maju lagi, ada kebijakan transmigrasi yang membentuk kampung-kampung tersendiri. Kawasan transmigran Jawa dapat ditemukan di daerah Pelangsian, sekitar setengah jam dari pusat kota Sampit. Di dalam kota sendiri, Kampung Jawa terdapat di kawasan Pasar Mangkikit atau Pasar Subuh. Waktu pun telah membentuk generasi Jawa-Sampit yang menjadi bagian dari generasi Kota Mentaya ini.

Kira-kiranya, ini menjadi cikal bakal pusat lalapan di Kota Sampit yang letaknya juga tidak jauh dari Kampung Jawa tersebut. Selain untuk memenuhi permintaan pasar, kuliner ini memberikan varian warna terhadap wisata makanan di Sampit.

Lalapan Belauran

Berbagai macam lalapan dapat Anda temukan di Belauran dari lalapan bebek, ayam, hingga udang. Untuk harga, standar kencan dan makan bersama keluarga atau teman. Soal rasa, dijamin sudah sesuai baik untuk lidah Jawa maupun lidah Kalimantan.

Belauran merujuk pada deretan warung makan Kaki Lima yang buka dari pukul  5 sore hingga subuh hari di sepanjang Jalan Rahadi Usman. Jadi, buat Anda yang kelaparan malam-malam, tidak usah khawatir, berangkat saja ke kawasan ini. Wisata kuliner tersebut masih berada di sekitar Pusat Perbelanjaan Mentaya.

Jamu dan Sate Sapi

Belauran juga terkenal sebagai pusat Jamu Kaki Lima. Anda akan menemukan berderet-deret kios yang menjual berbagai pilihan ramuan tradisional tersebut. Jamu yang dijual hanya jamu instan.

Anda bisa menikmatinya langsung di tempat. Jamu hangat-hangat diolah oleh penjual dengan campuran telur atau madu sesuai selera pembeli.  Namun, berhati-hatilah dengan produk-produknya. Periksa tanggal kadaluarsa dan kode BPOM agar tidak berbahaya bagi kesehatan.

Ada juga Sate Sapi di pusat kuliner ini. Sate tersebut disajikan dalam masakah khas Banjar. Perbedaan Sate Banjar dengan yang lain ialah pada saus kacangnya. Setelah dihaluskan hingga menjadi encer, saus tersebut dimasak dengan tambahan bumbu-bumbu. Aroma, tektur, dan rasanya begitu khas.

Penasaran? Coba deh!