GANGAN UMBUT PATIKALA DI HARI RAYA KURBAN

oleh

Ahhaa… Idul Adha telah tiba, saatnya menikmati daging kurban. Jikalau nyate sudah bosan, masakan satu ini bisa jadi pilihan. Gangan Patikala dengan daging sebagai bintang utamanya.

Apa Itu Patikala?

Bahasa nasionalnya kecombrang. Nama ilmiahnya ada Nicolaia sp., Phaeomeria sp., atau Etlingera Elatior, sesuai jenis. Patikala jadi bahan makanan di berbagai daerah Indonesia dan negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Di Sumatera, bahan panganan ini disebut kencong dan dipakai untuk menghilangkan bau amis ikan. Di Jawa, kecombrang dimakan dengan sambal, pecel, atau dijadikan urap. Di Kalimantan, tumbuhan tersebut dimasak berkuah. Di Sulawesi, patikala merupakan salah satu bumbu ikan kuah kuning.

Harum dan Awet

Dari mentahnya saja, patikala sudah wangi. Masuk ke masakan, aromanya semakin sedap di hidung. Itu karena kandungan minyak astiri dalam kecombrang yang menambah cita rasa makanan. Saking wanginya, kecombrang dapat mengurangi bau badan.

Jika dikunyah, rasanya asam. Dengan fungsi antibakteri, vegetasi ini membuat masakan jadi lebih tahan lama.

Kaya Manfaat

Warta Plasma Nutfah Indonesia mengungkapkan nutrisi pengawet alami tersebut. Pada 100 gram patikala, terdapat 4,4 gram karbohidrat; 1,2 gram serat, dan 91 gram air. Tumbuhan ini juga mengandung 1 gram lemak dan 1,3 gram protein.

Memiliki tubuh yang mirip dengan tanaman lengkuas, kecombrang kaya akan zat besi, yaitu 32%. Sumber rasa asam tersebut juga mengandung 12% kalium, 7% magnesium, 4% fosfor, dan 1% seng. Eits, ada juga kalsium lho, yang proporsinya 3%.

Menyiapkan Daging

Terlebih dulu, rebus daging bersama jambul nanas. Bagian ujung yang masih berdaun ini membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak. Setelah cukup lunak, tiriskan daging.

Menyiapkan Patikala

Kupas batang kecombrang, ambil umbut atau bagian muda di dalamnya. Pisahkan bagian bawah batang yang cukup keras, kira-kira 5 cm Potong kecil-kecil bagian batang yang lemah (atas).

Batang salah satu jenis patikala.

Batang salah satu jenis patikala.

Bumbu

Bumbu Gangan Umbut Patikala hampir sama dengan Gangan Asam (Bahasa Banjar) atau Juhu Ansem (Bahasa Dayak Ngaju). Siapkan kurang lebih 3 cm lengkuas, 2 cm kunyit, 5 butir kemiri, dan 8 butir bawang merah.

Ulek bumbu hingga halus, tambahkan terasi, garam, dan cabai secukupnya. Masukkan batang bawah patikala, tumbuk sedikit dengan ulekan, aduk.

Cara Masak

Rebus air. Setelah mendidih, tambahkan daging, bumbu, dan batang patikala bagian atas. Kalau sudah masak, masukkan irisan tomat.

Hmmmmm Gangan Umbut Patikala siap disantap. Selamat mencoba!