6 Cara Makan Orang Sampit yang Aneh Tapi Patut Dicoba

oleh

Bagi Anda yang baru di Sampit atau bergaul dengan orang Mentaya, mungkin bakal heran melihat beberapa cara makannya. Jangan juga membayangkan yang aneh-aneh karena di sini sudah biasa. Malah, rugi kalau belum mencicip. Nah, apa saja itu? Ini dia cara makan orang Sampit yang aneh tapi patut dicoba.

Makan Ikan Asin dengan Nasi Putih, Diberi Kuah Air Tawar

Iwak karing bakuah banyu Bahasa Banjar-nya. Balut pundang batambui danum, Bahasa Dayak-nya. Ikan asin berkuah air putih, Bahasa Indonesia-nya. Mau tahu rasanya?

Ikan asin mana saja boleh, mau yang kecil kriuk-kriuk saat digoreng, atau yang tebal menyisakan serbuk saat dibelah. Hanya ikan asin goreng yang dimakan macam begini. Paling nikmat kalau nasinya panas-panas, disiram air putih. Jika nasinya dingin, pakai saja air tawar hangat.

Ikan asin kuah air putih

Ikan Asin Kuah Air Putih

Mmmmm sedapnyaaa…. Bau ikan asin merebak habis digoreng. Rasa ikan kering luruh oleh air, terasa di lidah, sedangkan aromanya menyeruak hidung. Nasi dan air jadi bergaram. Dengan komposisi ikan asin dan air yang pas, orang bisa makan dua kali. Jangan terlalu hambar, jangan terlalu asin, banyaknya ikan kering harus sesuai. Tergantung selera juga sih.

Adapun cara makan begini sudah lumrah di Sampit. Kiranya, baik dari ekonomi menengah bawah sampai atas. Tapi, Anda tak bakal menemukannya di rumah makan, apalagi restoran.

Makan Ikan Asin, Nasi Putih, Kuah Teh Manis

Yang ini lebih ajib lagi. Berani tiru? Manis, asin, hangat, anyir, dan wangi teh berpadu di mulut. Cuma, yang makan dengan cara ini lebih jarang, kira-kira 1 dari 20 orang Sampit lah.

Makan Nasi Lauk Buah

Pernah coba? Enak lho… Nasi, lauknya buah. Iya, buah. Jenis apa saja sesuka hati. Namun, yang umum sih mangga dan durian kalau sedang musim. Ada juga yang pakai semangka, kuini, atau pisang. Cuma, semacam jeruk, apel, melon, alpukat, (buah mahal) apalagi anggur sih saya belum pernah lihat.

Nasi lauk mangga dan abon tongkol.

Nasi lauk mangga dan abon tongkol.

Jaman nenek saya dulu malah lebih parah, makan nasi lauk buah ditabur gula. Kalau anak sekarang makan begituan bisa diabetes kali ya.

Makan macam begini bisa nasi dengan buah saja, atau bersama lauk (makna sebenarnya). Biasanya, dimakan kering alias tanpa kuah.

Makan Pisang Goreng Dicocol Petis

Pisang goreng dicocol petis atau sambel, ajib nggak tuh? Rasa manis bercampur asin dan sedikit anyir. Asli enak :v :v

Pisang goreng dicocol petis.

Pisang goreng dicocol petis.

Mau di warung, kantin sekolah, kantor, di rumah, dan lain sebagainya, pisang goreng cocol petis sudah biasa. Camilan ini disajikan dengan gorengan lainnya seperti tempe, tahu, singkong dan lain-lain.

Makan Tahi Lala dengan Nasi

Makan tahi? Serius makan tahi? Ini tahi lala, terbuat dari santan kelapa yang setengah tua, setengah muda (sebaya kali ya), sekental mungkin. Dimasak pakai wajan sampai mengental, membentuk endapan, seperti lumpur.

Olahan nyiur ini bisa dimakan dengan nasi. Tapi, yang seperti ini sudah jarang apalagi di daerah kota. Di wilayah yang dominan perkebunan kelapa-nya bisa jadi masih ada.

Makan Nasi Kuah Minyak Goreng

Minyak kalanjar, ialah minyak sisa beberapa kali penggorengan yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Warnanya hitam. Minyak ini konon enak dimakan dengan nasi putih, tanpa lauk pun jadi. Apalagi, minyak yang habis dipakai menggoreng ikan asin.

Cuma, ini minyak kalanjar yang biasa dimakan bukan dari minyak instan atau kemasan. Minyak tersebut alami dibuat dari kelapa (kopra). Aromanya pun khas sehingga kalau dimakan tetap sedap, aman bagi tenggorokan.

Aha, itu tadi lima cara makan yang mungkin aneh buat Anda tapi bikin penasaran kan?

  • http://www.facebook.com/100000583308811 Nor Zaitun Komariah

    itu jer mamaku makanan rahat lagi susah, termasuk telur dicampur nyiur lalu di dadar

    • Ummu Rahayu

      Nah bujuram tu. Tapi ada jua yang biar ada makanan nyaman ujar urang tetap ai ketuju nang itu, contohnya ja iwak karing kuah banyu. Harau kalah iwak lainnya. Hahahahaha