Ucapan Salam dalam Bahasa Dayak Sampit

oleh

Bahasa Dayak Sampit sejatinya masih digunakan di berbagai belahan daerah ini seperti Bengkirai, Seranau, Terantang, dan lain-lain. Pada edisi terdahulu, kami bahas panggilan hormat dalam bahasa Dayak Sampit, yang beda dengan panggilan halus dalam bahasa Banjar dan Dayak Ngaju. Kali ini, kami bagikan ucapan salam dalam bahasa Dayak Sampit dimana ada sedikit perbedaan pula dengan bahasa Dayak Ngaju. Ini dia.

Selamat pagi : Salamat sunsung andau*
Selamat siang : Salamat bentok andau
Selamat sore : Salamat jalemai
Selamat malam : Salamat hamalem
Selamat berjumpa

(saat bertemu)

: Salamat hasupa
Selamat berjumpa lagi

(saat berpisah)

: Salamat hasupa hasundau ndai

*Dalam bahasa Dayak Sampit, ucapan salam pagi biasanya tidak digunakan. Umumnya memakai “Selamat Pagi” atau “Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.” bagi yang beragama Islam. “Salamat sunsung andau” di atas hanya terjemahan per kata dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Dayak Sampit. Sunsung andau sendiri biasanya digunakan untuk penanda waktu misalnya, “jam uju sunsung andau” yang artinya “jam tujuh pagi”.

NB: Artikel ini ditulis atas bimbingan H. Jumri (my beloved father), generasi penutur bahasa Dayak Sampit. Kami terbuka bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan segmen bahasa Dayak Sampit ini.

Terima kasih pula kepada Bapak Tommy Aldianto, Amir Muksin, Syamsumentaya, Sabarudin, dan Ibu Dayu Asary atas masukan terhadap artikel ini.

Ucapan salam 3