Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur

oleh

Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur adalah sebuah lokasi yang memiliki gambaran kecil tentang Kotawaringin Timur. Taman ini berlokasi agak tersembunyi di jalan Pramuka dekat kawasan bundaran tugu perdamaian. Taman ini didirikan pada tahun 2003. Secara umum taman ini dibangun untuk mengenang kenangan getir peristiwa konflik di Sampit yang pernah terjadi pada tahun 2001.

Lokasi Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur tampak depan
Lokasi Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur tampak depan. Taman ini baru saja dipugar dengan diberi pagar dan diberi aspal pada jalan depannya.

Batu Peresmian Taman Budaya Kotawaringin Timur
Batu peresmian Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur. Tertulis “TURUS PANGINGAT, ATAS BERKAT RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, PADA HARI SABTU, TGL 15 DESEMBER 2003, ACARA PELETAKAN BATU PERTAMA, TAMAN ‘MINIATUR BUDAYA’ KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, BUPATI KOTAWARINGIN TIMUR, WAHYUDI. K. ANWAR”

Di taman ini terdapat rumah betang kecil dan beberapa jenis rumah adat Indonesia lainnya. Di tengah lokasi terdapat sebuah aula terbuka. Kami mendapat informasi pentas seni selalu diadakan di aula ini setiap pertengahan bulan.

Aula terbuka
Aula terbuka


Tempat persembahan bagi leluhur

Di tengah taman terdapat 3 tempat persembahan makanan bagi leluhur berbentuk rumah kecil.  Adapun tempat-tempat tersebut dipersembahkan kepada Jata (penjaga alam bawah), Patahu (penjaga desa), dan Sangumang (rezeki). Tempat-tempat tersebut merupakan tempat sesajen bagi ketiga leluhur tersebut dan dikelola oleh pengelola taman.

Tempat persembahan makanan bagi leluhur
Dari kiri ke kanan, tempat persembahan bagi Sangumang, patahu, dan Jata

Lokasi ini baru saja dipugar pada tahun 2014. Jadi bagi anda yang tertarik dengan nuansa budaya Kotawaringin Timur, cobalah untuk berkunjung ke taman ini.