Humm… Asiknya Makan Nanas Langsung di Kebunnya

oleh

Makan nanas langsung dari kebunnya sudah jadi kebiasaan orang Sampit. Agenda ini biasanya dihabiskan bersama teman-teman, berdua saja atau rombongan. Ada juga yang pergi bersama keluarga atau pasangan. Makan kanas alias nanas langsung di kebunnya sukses menciptakan momen menyenangkan.

Momen makan nanas bersama teman (Dokumentasi Amalia Dewi Fransiska)

Momen makan nanas bersama teman (Dokumentasi Amalia Dewi Fransiska)

Perjalanan ke Arah Kota Besi

Hamparan kebun nanas tidak jauh dari pusat Kota Sampit. Dari Jalan Cilik Riwut, sampai di Bundaran Adipura, jîka ke kanan Anda akan sampai ke Bandara H. Asan Sampit maka pilih jalan ke kiri untuk menuju Kota Besi. Sebelum terlalu jauh ke Kota Besi, di tepi kiri dan kanan jalan sudah berjejer kios-kios kecil penjual nanas.

Pondok dan Pemandangan Kebun

Nanas yang segar-segar terpajang di kios kecil. Biasanya, kios ini hanya berupa kayu untuk menggantung nanas saja, bukan seperti warung atau ruko.

Nah, Anda juga bisa memilih penjual yang memiliki pondok atau tempat duduk di sekitar kios. Pemandangan kebun nanas di sekitar memberi suasana alami pada momen bersantai Anda. Suara kendaraan berlalu-lalang menambah rasa tersendiri. Makan nanas pun jadi makin terasa nanas dengan pohon-pohon berdurinya yang terhampar di sepanjang mata memandang.

Aduhai Nanas Manis

Anda akan tergiur dengan nanas yang besar lagi berkulit kuning. Bagi pencinta nanas, mendapat yang manis akan membuatnya ingin tambah lagi dan lagi. Rasakan nanas yang tumbuh di tanah gambut.

Dokumentasi Bpk Aris Bahariyono

Dokumentasi Bpk Aris Bahariyono. “Enak, seger,” kata beliau.

Wajar saja kalau nanas jadi produk unggulan Kabupaten Kotawaringin Timur. Berdasarkan Kabupaten Kotawaringin dalam Angka Tahun 2016 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik, produksi nanas merupakan yang tertinggi di antara tanaman buah-buahan lainnya di kabupaten tersebut. Produksi pada tahun 2015 mencapai 2.727,1 ton.

Mencokan dan Momen Seru

Mengupas dan memotong nanas bersama teman-teman merupakan kesenangan tersendiri. Ada dua cara makan nanas kebiasaan orang Sampit. Bisa dimakan langsung atau di-pencok, istilah masyarakat lokal dalam menyebut rujakan. Bumbunya sesuai selera, mau pakai kecap manis atau asin saja, bisa ditambah cabai dan garam juga, atau bawa kacang goreng yang sudah diulek. Humm inilah suasana mencokan yang bikin kangen Sampit.