Bundaran Favo Sampit

oleh

Well, gaes, anak Sampit angkatan 90an ke belakang pasti tahu di mana Bundaran Favo berada dan bagaimana bentuknya. Anak sekarang (yang lahir tahun 2000an) belum tentu tahu ya karena kini bundaran itu tinggal kenangan. But, bundaran tersebut begitu terkenal pada jamannya, bahkan jadi landmark (acuan tempat) sampai sekarang.

Bundaran Iklan Jeans

Bundaran Favo merujuk pada iklan jeans. Sebagaimana bundaran, bagian dasarnya melingkar dengan tiang di tengahnya, lalu bagian atas juga melingkar bertuliskan Favo berukuran besar. Kehadiran bundaran ini pas dengan era kejayaan jeans tahun 90an.

Eksistensi Bundaran Favo

Saat ini, Bundaran Favo sudah tidak ada lagi. Sejak pemerintahan Bupati Supian Hadi, pada area tersebut disediakan billboard sebagian ruang iklan yang bisa dipakai siapa saja.

Menjadi Landmark Hingga Kini

Wajar kalau Bundaran Favo jadi landmark  kawasan PPM karena waktu itu Sampit belum berkembang seperti sekarang. Saat ini Sampit sudah punya Tugu Proklamasi (pembangunan kembali) dan Ikon Jelawat di sekitar PPM.

But, nama Bundaran Favo masih dipakai sebagai acuan tempat untuk menunjukkan simpang empat Jalan Rahadi Usman dan Jalan MT. Haryono di kawasan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, khususnya bagi yang lahir tahun 95 ke belakang. Media massa di Kotim juga masih sering menggunakan istilah tersebut.