Kelakai Si Sayur Pakis

oleh

Kelakai adalah sayur pakis (Stenochlaena Palustris) yang jadi makanan sehari-hari di Kalimantan. Di Sampit, sayur ini jadi menu favorit rumahan. Pas kalau kita sebut kelakai sebagai kuliner khas Sampit.

Rasa Kelakai

Saat mengunyah, kelakai terasa renyah dan sedikit kenyal karena kandungan lendirnya. Ada sensai licin ketika menelan pakis ini.

Gangan Kelakai

Gangan Kelakai dan Jantung Pisang

Kalau di Sampit, kelakai biasanya disayur bening. Cukup rebus dengan bawang merah dan bawang putih saja. Supaya rasa aslinya terjaga, jangan tambahkan penyedap, hanya garam.

Bagi yang punya masalah lambung, setelah makan kuliner khas Sampit ini perut bisa jadi dingin. Untuk menghindarinya, tambahkan sedikit merica ke dalam sayur bening kelakai.

Kadang kelakai juga di-gangan belamak (sayur santan) bersama labu dan ikan sungai. Kalau mau ditumis juga bisa.

Sayur Paling Murah Se-Jagad

Seikat Kelakai 2500 rupiah (2019)

Kelakai saya nobatkan sebagai sayur paling murah sedunia. Ini karena mendapatkannya sangat mudah. Cukup memetik di lahan bersemak yang masih sangat sangat luas di Sampit.

Tak perlu repot-repot merawat tanaman ini karena begitu turun hujan, ia akan tumbuh subur. Tinggal rajin-rajin saja mengumpulkannya. Di pasar, seikat kelakai (segenggam) hanya 2500 rupiah.

Penjual kelakai punya trik tersendiri untuk mengumpulkannya. Pohon kelakai diinjak-injak dulu agar saat turun hujan, pucuk-pucuknya mencuat sehingga mudah dipetik.

Kelakai Modern

Stik kelakai produk UMKM Kotim

Sekarang sudah banyak variasi kelakai seperti stik kelakai dan keripik kelakai. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas Sampit.