Istana Jelawat Pusat Oleh-Oleh Khas Sampit

oleh

Suatu hari teman saya dari Lombok mau beli oleh-oleh khas Sampit. Langsung saja saya rujuk ke Istana Jelawat di Jl. Ais Nasution, dekat Rejeki Swalayan atau GOR Sampit.

Istana Jelawat, Pusat Oleh-Oleh Khas Sampit

Semua Ada

Kenapa saya rujuk ke Istana Jelawat, karena semua lengkap di sini. Ada kain batik Kotim, kaos, kerajinan, aksesoris, dan jangan ditanya kalau soal makanan.

Kerajinan Kayu Sampit

Benar-Benar Khas Sampit

Alasan kedua adalah tempat ini benar-benar khas Sampit. Dibanding pusat oleh-oleh lain yang lebih banyak menyajikan produk khas daerah luar misalnya Kalimantan Selatan atau Kalimantan Timur.

Aneka Kerajinan Khas Sampit

Istana Jelawat adalah pusat penjualan produk UMKM Kotim. Di sini bisa ditemukan kerajikan kayu, getah nyatu, dan daun purun dalam bentuk hiasan rumah atau aksesoris.

Kerajinan Getah Nyatu

Amplang Khas Sampit

Rata-rata provinsi di Kalimantan punya amplang khas masing-masing. Apa sih amplang khas Sampit? Yaitu amplang jelawat. Nah, wisatawan bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Sampit ini.

Aneka Amplang Khas Sampit dan Sekitarnya

Produk Khas Kotim Lainnya

Selai nanas, ikan goreng, abon ikan, dll

Ada juga oleh-oleh khas Sampit lainnya seperti selai nanas, stik kelakai, abon ikan haruan, macam-macam deh. But, Istana Jelawat juga menjual produk daerah lain seperti dari Kumai (Kotawaringin Barat), tapi tidak dominan sih.

NB: Koleksi foto pribadi, tahun 2015