Nostalgia Jalan Singa-Singa Sampit

oleh

Orang Sampit yang masa kecil dan remajanya ada di tahun 90-an dan 2000-an pasti mengenang jalan ini. Well, gaes, waktu itu Sampit belum berkembang pesat seperti sekarang ya, sehingga patung kecil pun bisa menjadi begitu ikonik.

Lokasi Jalan Singa

Jadi jalan singa-singa itu adalah yang sekarang dinamakan Jalan Kopi. Dulu, ada dua patung singa di ujung sebelah utara, yang berbatasan dengan Jl. MT. Haryono. Nggak tahu dulu namanya jalan apa yang jelas orang sering menyebutnya jalan singa.

Asal Mula Patung Singa

Dulu patung singanya warna putih gaes. Patung ini merepresentasikan singa yang sedang menginjak bola. Tapi ngomong-ngomong mirip dengan patung Singo Edan di Malang ya.

Apakah pembuat patung ini  adalah perantauan Malang? Humm, belum ada catatan soal itu. But, yang jelas lokasi patung di jalan singa-singa tersebut berdekatan dengan kawasan kampung Jawa.

Telisik punya telisik, menurut harian Sampit Prokal, dua patung singa tersebut dibuat oleh seniman Jawa dan awalnya adalah milik warga bernama Koheri. Kedua patung itu sempat dibuang tapi, Soewarso (tetangga Koheri) lalu menyarankan untuk meletakkan singa-singa tersebut di ujung Jalan Kopi.

Rupa Patung Singa 2019

Patung Singa Pindah ke Taman

Sekitar tahun 2009, orang-orang bingung ke mana patung singa di Jalan Kopi? Rupanya, patung tersebut dipindah ke Taman Kota dan masih ada di situ sampai sekarang. Posisinya berdekatan dengan patung buaya dan patung rusa yang menjadi ikon Taman Kota Sampit.

Kini patung singa berwarna emas gaes. Sayang, bola di singa satunya sudah hilang. But, patung tersebut masih jadi kesukaan anak-anak.