Gangan Asam Ikan Laut

oleh

Oke di artikel sebelumnya saya pernah bahas gangan asam (bahasa Banjar) alias juhu ansem (bahasa Dayak) menggunakan ikan sungai. Jadi kuliner Sampit ini bisa juga menggunakan ikan laut, ayam, atau daging. Kali ini saya bahas yang ikan laut dulu.

Ada macam-macam ikan laut yang bisa di-gangan asam. Misalnya, tongkol, bawal, tenggiri, selar, kembung, dan sebagainya tergantung selera. Kuliner Sampit kali ini menggunakan ikan pisang pisang.

Bumbunya sama seperti gangan asam biasanya, tapi rasa asam rembang alias terung asem alias terung dayak alias  Solanum ferox diganti dengan nanas dan belimbing wuluh.

Gangan Asam alias Juhu Ansem Ikan Laut

Rempahnya ada lengkuas, kunyit, kemiri, bawang merah, cabe kering, terasi, asam jawa, dan garam. Semuanya dihaluskan dan ditambah sedikit air. Sebelum direbus, ikannya dibaluri dulu dengan bumbu halus.

Untuk sayur mayurnya bisa pakai ubi jalar (gembili) plus kacang panjang. Begitu mendidih hummmmm tercium segar bau ikan berpadu dengan aroma bumbu halusnya.

Bedanya dengan gangan asam ikan sungai, juhu ansem ikan laut agak lebih amis. Kuahnya sih sama-sama segar. Tapi mau gangan asam ikan sungai atau ikan laut, semua tergantung selera.

Baca juga:

Sayur Asem Keladi Putri Malu

Gangan Umbut Patikala di Hari Raya Kurban