Urut Pekat Sampit

Rupanya Google belum banyak tahu tradisi ini. Jadi, di Sampit ada pengobatan tradisional urut pekat alias pijat menggunakan media rotan yang dipercaya ampuh mengatasi berbagai penyakit. Tradisi pijat rotan ini sudah berlangsung lama, sudah turun temurun.

Untuk Mengobati Bayi

Urut pekat biasanya untuk mengobati bayi yang sakit entah itu demam, muntah berak, atau keselo.

Jaman sekarang, urut pekat dilakukan sebagai pendamping pengobatan dokter. Kalau anak sudah dibawa ke dokter tapi tidak sembuh juga biasanya akan dibawa ke tukang urut ini.

Tenang, saat diurut pekat anak pasti menangis meski sudah didampingi orang tua. Tapi ini sebentar saja. Setelah diurut pekat, kondisi anak akan membaik dan ceria lagi.

Bakat Warisan

Konon katanya, si tukang urut akan tahu penyakit anak bahkan sebelum menyentuhnya. Tentu bukan sembarang orang yang bisa melakukan ini. 

Urut pekat yang ampuh hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki bakat turun temurun. Biasanya, tukang urut adalah anak dari tukang urut pekat juga.

Minyak dan Rotan Warisan

Bahkan, minyak dan rotan yang dipakai juga warisan turun-temurun. Yang pernah saya lihat, rotannya berdiameter sekitar 1,5 – 2 cm dengan panjang sekitar 20 cm.

Pasien Turun Temurun

Bukan cuma tukang urutnya yang turun temurun tapi pasiennya juga. Jika orang tuanya pernah diurut pekat, kemungkinan anaknya juga akan sembuh dengan tukang urut yang sama.

Kalau tukang urutnya sudah meninggal, coba cari keturunannya yang mewarisi bakat tersebut.

Sukarela

Urut pekat atau pijat rotan Sampit dilakukan sukarela dalam artian, pasien memberikan imbal jasa seikhlasnya. Tukang urut sejati tidak mematok tarif tertentu dan melakukannya dengan niat menolong. Dengan begitu, khasiat urut pekat tetap ampuh dan terjaga.

Jangan Sembarang Urut Pekat

Kalau Anda belum tahu banyak soal urut pekat sebaiknya jangan sembarangan. Cari tahu dulu apakah orang itu memang berbakat turun temurun dan sudah praktik sejak lama. Tukang urut abal-abal bisa membahayakan kesehatan anak.

About the author

Freelance writer genre fiksi dan nonfiksi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: