Ndeee Ai Ciri Khas Ketapang

Ada satu ciri khas orang Ketapang Sampit yang masih hidup sampai sekarang, yaitu kata ndeeeee ai (huruf e dibaca panjang, ai dibaca ay seperti dalam wo ai ni). Ketapang merujuk pada belahan hilir Kota Sampit, tapi kata ini sering di wilayah Kelurahan Ketapang, khususnya di permukiman tepi Sungai Mentaya.

Arti Kata Nde Ai

Ndeee ai ini ungkapan kaget, kesal, sekaligus heran. Spontan muncul di saat seseorang merasa kesal dengan perkataan orang lain, misal ketika dia merasa dituduh atau merasa perkataan orang itu sungguh tidak benar, tidak sesuai perkiraan, tidak sesuai kenyataan, tidak seperti yang seharusnya. Misal:

Kam ne bemainan hape ja gawian!” (“Kamu ini kerjanya main hape aja!”)

Ndeeee ai! Orang lagi ngerjakan tugas di hape, online!” (“Enak aja! Aku lagi ngerjakan tugas online pakai hape!”)

Kira-kira begini maknanya : enak saja menuduh!

Konteks lain misalnya:

Mak Idah yang lapar membuka tutup panci di atas kompor yang ternyata tak berisi apa-apa, “Ndaaaaa ai, kosong sekalinya, kukira beisi gangan. Parut maka’am harap-harap handak makan.” (“Astaga! Ternyata kosong, kupikir berisi sayur. Perutku harap-harap mau makan.”

Ada lagi konteks lain:

Amat sudah janjian dengan Junai untuk mengantarnya pulang, tiba-tiba Junai melihat Amat pergi ke luar. “Ndeee ai ke mana inya to tadi? Maka handak meanjurku jar.”(“Lho, ke mana dia? Bukannya mau mengantarku pulang?”).

Logat Asli Ketapang

Orang yang bilang ndeee ai biasanya asli Ketapang. Dalam artian orang tuanya lahir dan besar di Ketapang dan lingkungannya akrab dengan orang-orang asli Ketapang juga. Penuturnya keturunan suku Banjar atau Mentaya.

Biasanya ciri khas ini jadi bahan lucu-lucuan dalam konteks Ketapang vs Baamang.

Na keluaram logat Ketapangnya to!” (“Nah keluar sudah logat Ketapangnya!”) kata orang Baamang (belahan hulu Kota Sampit) kalau kaget mendengar kata ndeeee ai.

Gimana, ada pertanyaan atau masukan? Komen lah julak!

About the author

Freelance writer genre fiksi dan nonfiksi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: