Nasi Kuah Kolak Pisang

Bagi yang belum paham mungkin berpikir di Sampit ini gudangnya makan aneh-aneh. Dari ikan asin kuah air putih, ikan asin kuah teh manis, pisang goreng colek petis, sampai nasi kuah kolak pisang nih. Asli tapi nyata! Itu sudah biasa boy di Sampit.

Asli Itu Kolak Manis

Kolak seperti apa yang dimakan dengan nasi? Ya kolak pisang biasa yang rasanya manis itu. Resepnya seperti kolak pada umumnya, yaitu santan, gula merah, gula pasir, pisang, labu, vanili frambozen, dan garam sesuai selera. Cara memasaknya juga tiada beda.

Favorit Lintas Generasi

Orang Sampit angkatan Indonesia baru merdeka sampai anak muda jaman sekarang masih suka makan kolak pisang pakai nasi. Tidak bisa disebut cara makan umum juga sih karena banyak juga anak muda yang merasa aneh dengan cara makan itu.

Juga bukan berarti kolak sengaja dimasak sebagai pendamping nasi seperti sayur bening atau sayur asem. Lebih karena ketika ada kolak, sebagian orang memakannya dengan nasi.  

Rasanya?

Bagi yang terbiasa sih rasanya enak. Bahkan salah satu kontributor kotasampit.com, Ipul, suka memakannya dengan taburan bawang goreng. Iya, nasi + kolak pisang + bawang goreng. Ajib nggak tuh?

Baca Juga: 6 Cara Makan Orang Sampit yang Aneh Tapi Patut Dicoba

About the author

Freelance writer genre fiksi dan nonfiksi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: