Telur Mata Gajah

oleh

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Sampit, Kalimantan Tengah. Sayang sekali jika Anda tidak merasakan nikmatnya telur mata gajah khas Sampit. Ya, namanya memang telur mata gajah tetapi tenang saja tidak ada sedikit pun daging atau organ dari gajah yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan telur mata gajah. Lagi pula, memang ada telur gajah? Kalau mata gajah memang ada. Entah riwayat detailnya seperti apa sehingga disebut telur mata gajah. Ukurannya memang seukuran mata gajah.

Telur mata gajah merupakan makanan yang berbahan dasar tepung, yang kemudian di adon sedemikian rupa dengan tambahan wortel, bawang dan beberapa sayur lainnya. Kemudian di goreng di atas cetakan roti pisang (bulat-bulat gitu). Setelah setangah matang, ditambahkan telur puyuh di atasnya dan tinggal di bolak-balik hingga matang.

 

Telur Mata Gajah

 

Telur mata gajah lebih enak disantap ketika hangat terlebih ditambahkan sedikit saus pedas. Waktu yang paling cocok untuk menyantap makanan ini adalah ketika suasana menjelang senja dan udara malam mulai datang (red: dingin). Untuk mendapatkan satu telur mata gajah, Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 1000 per telurnya. Telur mata gajah dapat Anda temukan dengan mudah di penjual yang berada di taman kota Sampit atau Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) khususnya mulai pukul 16.00 WIB ke atas. Selamat menikmati telur mata gajah khas Sampit.

  • Giri Prahasta Putra

    Jajanan yang ini jarang ada yang menjajakan berkeliling dibandingkan pentol ya?

    • Noviaji Joko Priono

      Oh iya juga sih. Yang keliling baru pentol. Mungkin kedepannya bisa seperti cireng yang berkeliling. hehehe. Coba masing-masing counter itu desainnya bagus ya