Stadion Olahraga 29 Nopember

Stadion Olahraga 29 Nopember adalah kawasan terpadu olahraga yang dibuka untuk umum. Stadion ini terletak di Jl. Tjilik Riwut Km 3.5 Sampit dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1996. Nama 29 Nopember diabadikan untuk mengenang tanggal Sampit berhasil direbut kembali dari tangan penjajah belanda pada tanggal 29 November 1945.

Secara umum stadion ini dibagi menjadi dua area, yakni luar dan dalam.

Area luar

Di area luar stadion terdapat lapangan basket, lapangan volley, trek lari, dan jalur jalan untuk pijat refleksi. Di bagian depan stadion terdapat beberapa tempat duduk. Area ini cocok digunakan bagi komunitas untuk berkumpul. Karena cukup luas, area ini juga kerap dijadikan sebagai tempat berlatih menggunakan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Area stadion ini juga sering digunakan untuk acara tahunan rutin seperti pameran dan Sampit Expo.

Gerbang Stadion 29 Nopember
Gerbang Stadion 29 Nopember

Tugu Patung Satlat
Tugu patung satlat


Area tempat duduk di daerah stadion

Area jalur pijat refleksi
Area jalur pijat refleksi

Area trek lari
Trek lari yang dapat anda gunakan untuk jogging

Lapangan Basket
Lapangan basket

 

 

Area dalam

Pada area dalam stadion 29 Nopember terdapat lapangan sepak bola standar. Selain digunakan saat pertandingan dan sarana olahraga, lapangan ini juga rutin dipakai untuk upacara hari kemerdekaan.

Gerbang menuju area dalam
Gerbang menuju area dalam

Papan nama stadion
Papan nama stadion olahraga

Batu peresmian stadion 29 Nopember

Batu peresmian stadion. Tertulis “DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PADA HARI INI, SABTU TGL 17 AGUSTUS 1996 STADION OLAHRAGA GELORA 29 NOPEMBER DIRESMIKAN OLEH BUPATI KEPALA DAERAH TINGKAT II KOTAWARINGIN TIMUR, DIDIK SALMIJARDI”

Lapangan sepak bola
Lapangan sepak bola dengan ukuran standar. Di tengah terdapat tiang bendera besar.

About the author

Programmer, penulis, dan tukang bikin komik di KSDC. Lahir di Sampit. Sekolah SD, SMP, SMA, di Sampit. Dulu mudik setahun sekali ke Sampit, kini sudah merantau ke pulau lain. Penggemar pentol dan nasi kuning Labuan Amas. Kontak saya melalui twitter lewat @igrir

Leave a Reply

%d bloggers like this: