Nasi Kuning Labuan Amas

Walaupun di bungkusnya tertera “Labuan Amas” namun warung tempat menjual nasi kuning ini bernama “Warung Labuhan Amas.” Berlokasi di dekat Pusat Perbelanjaan Mentaya, warung ini telah berjualan di Sampit sejak tahun 1980-an.

Cita rasa nasi kuning Labuan Amas unik dan tetap sama hingga sekarang. Bumbu habang (merah) yang digunakan masih digerus dengan cara diulek secara tradisional tanpa menggunakan blender. Beras yang digunakan selalu beras Unus (jenis beras dari Banjarmasin yang tidak lengket dan tergolong mahal). Ayam yang digunakan selalu ayam kampung. Telur yang digunakan selalu telur bebek dan direbus hingga bumbu meresap kedalam.

Warung Labuhan Amas
Warung Labuhan Amas

Rak nasi kuning Labuan Amas
Rak nasi kuning Labuan Amas

Warung ini buka dari jam 5 pagi hingga siang. Jika anda ingin mencoba cita rasa nasi kuning Labuan Amas saya sarankan untuk datang pagi-pagi sekali karena menjelang jam 9 persediaan nasi kuning Labuan Amas mulai habis.

Terakhir kali saya berkunjung ke Labuhan Amas, harga yang ditawarkannya adalah sebagai berikut:

Nasi kuning + Ayam: Rp 16.000
Nasi kuning + Daging: Rp 14.000
Nasi kuning + Haruan: Rp 14.000
Nasi kuning + Telur: Rp 9.000
Teh: Rp 1.000

Harga nasi kuning
Harga nasi kuning

Bungkus nasi kuning
Ciri khas bungkus nasi kuning Labuan Amas. Di gambar ini bungkus nasi kuning ditulis kode “T” untuk telur dan “Dn” untuk daging. Untuk haruan ditulis “H” dan ayam ditulis “A”. Di pojok kanan atas terdapat cap dengan tulisan “Warung Labuan Amas Jl. Iskandar Telp. 24302, Sampit.”

Walaupun harganya tergolong mahal dibandingkan dengan nasi kuning yang umum dijual (Rp 7.000 – Rp 9.000) namun harga yang ditawarkan sebanding dengan pengalaman rasa yang anda dapatkan. Bahkan saya tidak cukup satu bungkus.

Sebelum dimakan, bumbu habang terlebih dahulu diaduk bersama nasi. Rasanya gurih dan manis. Cabe yang dihaluskan dengan cara diulek memberi tekstur renyah tipis. Ditambah dengan nasi dari beras unus yang terasa gigitannya, nasi kuning ini menjadi sebuah hidangan tepat untuk sarapan anda.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Nasi kuning labuan amas bisa anda temui di Jl. Iskandar dekat pertigaan. Anda bisa mengontak warung ini di nomor telepon 0531-24302.

Nasi Kuning Labuan Amas
Nasi kuning Labuan Amas dengan lauk daging sapi

About the author

Programmer, penulis, dan tukang bikin komik di KSDC. Lahir di Sampit. Sekolah SD, SMP, SMA, di Sampit. Dulu mudik setahun sekali ke Sampit, kini sudah merantau ke pulau lain. Penggemar pentol dan nasi kuning Labuan Amas. Kontak saya melalui twitter lewat @igrir

Leave a Reply

%d bloggers like this: