Nostalgia Susu Sirup Pandan

Suatu hari saya datang ke sebuah acara di Samuda (1 jam dari perkotaan Sampit), dihidangkan susu sirup pandan (setrup) yang membawa nostalgia ke masa kecil dulu. Saat lebaran, susu setrup selalu jadi andalan saat lebaran di rumah kakek. Pada masa itu, masih belum banyak sirup modern ya, paling juga limus (sirup rasa jeruk) dan temulawak. Coca Cola dan Sprite masih jadi barang mewah sepertinya.

Cara Membuat Setrup

Setrup sebenarnya cukup legendaris di Indonesia ya. Sirup ini terbuat dari air dan gula pasir yang didihkan bersama dengan daun pandan. Saat sudah dingin, baru ditambahkan pewarna merah dan frambozen. Dari dulu hingga kini, orang di lingkungan saya selalu pakai vanili cap kapal untuk membuat setrup.

Sumber foto: tokopedia

Harumnya Susu Sirup Frambozen

Setrup punya aroma khas dari frambozen (vanili merah). Saat setrup ditambah susu, nikmatnya hummmm manis kental harum. Susu yang digunakan biasanya susu kental manis (masih boleh disebut susu?).

Silakan pilih sesuai selera mau yang panas, hangat, atau dingin dengan es. But, kalau jaman dulu minuman ini biasa disajikan panas atau hangat, mungkin karena waktu itu orang yang punya kulkas masih jarang.

Minuman Khas Lebaran

Setrup jadi hidangan ikonik lebaran sebagaimana biscuit Khong Guan pada jamannya. Minuman ini biasanya dituang ke dalam gelas-gelas lalu dibagikan ke tamu-tamu. Well, cara menghidangkan susu setrup di Samuda ini mengingatkan saya pada masa itu.

Hidangan Susu Setrup

Pamor Susu Setrup Kini

Susu setrup kini kesannya jadul ya, sudah jarang digunakan untuk acara besar. Orang lebih banyak pakai sirup modern dengan berbagai modifikasinya. Saat lebaran, setrup kalah pamor dengan minuman bersoda ala Amerika.

Sebenarnya sudah banyak modernisasinya seperti sirup coco pandan dan susu rasa coco pandan. Sebut saja Marjan dan Frisian Flag. But, tetap saja beda dengan setrup bikinan sendiri. Aroma Frambozennya itu lho bisa disetel sesuai selera.

About the author

Freelance writer genre fiksi dan nonfiksi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: